Barong Bangkong,Hibur Warga di Hari Raya Galungan dan Kuningan

Utamanews.id – Hari Raya Galungan dan Kuningan diperingati setiap 210 hari sekali oleh umat Hindu.

Lampung adalah salah satu Provinsi dengan jumlah penduduk Trans Bali yang besar, hampir disetiap Kabupaten bisa di temui deretan perkampungan Bali dengan ornamen Pura di depan rumah.

Di desa Sanggar Buana dan Sakti Buana Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah memiliki cara unik memeriahkan hari Raya Galungan.

Pemuda Hindu setempat memiliki group seni musik dan tarian barong bangkong menjadi pertunjukan yang selalu ditunggu-tunggu oleh warga sekitar.

Ketut Eri Gunawan salah satu pengurus grup ini mengatakan ” seni musik dan tarian ini di gagas secara mandiri, dan pada saat dipertunjukan setiap warga ada yang menyawer.”

Sekali pertunjukan kami bisa mengantongi 4-10 juta, uang ini di gunakan untuk menjadi uang Kas, perbaikan dan menambah perlengkapan. Sedangkan untuk alat musik gong bali ini sewa dari banjar (kumpulan adat) setempat, karena kami belum memiliki sendiri. Mudah-mudah kedepan kami dapat melengkapi semua perlengkapan pertunjukan ini.

Sedangkan menurut I Made Suteja selaku Ketua Peradah Lampung Tengah mengapresiasi kegiatan ini, karena diera modernisasi ini tidak banyak yang memiliki gagasan positif untuk melestarikan seni budaya. Mudah-mudahan kedepan mereka mendapat perhatian khusus, agar bakat seni budaya ini terwariskan terus kegenerasi berikutnya.(juliana).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *