Ekonomi Terpuruk, Petani Karet Menjerit

Utamanews.id- Wabah virus Corona memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian di seluruh negara tak terkecuali Indonesia, bahkan beberapa pakar Ekonomi memprediksi dampak nya akan lebih parah dari krisis moneter tahun 1998 silam.

Nilai tukar Rupiah yang semakin terpuruk terhadap Dollar Amerika dan harga emas yang terus menurun menjadi tolak ukur tersendiri.

Kondisi makin parah terjadi pada petani di tanah air, salah satu contoh yakni petani karet, harga jual karet semakin anjlok menjadi Rp.6.200 per kilogramnya dari harga sebelumnya pada minggu lalu sebesar Rp.6.600 per kilogram.

Penurunan harga jual getah karet bersih tersebut terjadi sejak beberapa pekan terakhir di saat masyarakat sedang kesulitan ekonomi di tengah mewabahnya virus Corona di berbagai daerah..

Ini disampaikan langsung oleh Made wardana salah satu petani karet di Kabupaten Lampung Tengah, untuk menjual getah karet minggu depan belum ada kepastian pangsa pasar yang akan menerimanya.

Sayangnya, hingga kini belum ada langkah konkrit dan kebijakan yang diambil Pemerintah untuk mengatasi keluhan dari para petani karet.(rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *