Gerhana Matahari di Lampung Mulai Pukul 14.41 WIB

Utamanews.id – Masyarakat Lampung diperkirakan bisa menyaksikan fenomena alam gerhana matahari sebagian yang akan terjadi pada Minggu, 21 Juni 2020.

Total ada 31 provinsi dari 34 provinsi di Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian secara langsung, salah satunya Lampung.

Waktu menyaksikan gerhana matahari sebagian di Lampung, mulai 14.41 WIB, puncak gerhana 15.07 WIB, dan gerhana berakhir 15.33 WIB.

Fenomena alam berupa gerhana matahari diperkirakan kembali terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Berdasarkan data astronomis, ada 31 provinsi di Indonesia yang dapat mengamati gerhana matahari sebagian pada Minggu, 21 Juni 2020 bertepatan 29 Syawal 1441H.

“Ada 31 Provinsi yang secara astronomis dapat mengamati gerhana matahari ini,” terang Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Kementerian Agama, lanjut Kamaruddin Amin, mengimbau umat Islam yang daerahnya mengalami gerhana dan aman Covid-19 untuk menggelar Salat Gerhana Matahari atau Salat Kusuf.

“Kami imbau kaum muslim pada daerah yang mengalami gerhana dan aman Covid-19, untuk menggelar shalat sunnah gerhana sesuai tuntunan syariah. Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

Masyarakat di Lampung diperkirakan bisa menyaksikan fenomena alam gerhana matahari sebagian yang akan terjadi pada Minggu, 21 Juni 2020. Total ada 31 provinsi dari 34 provinsi di Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian secara langsung, salah satunya Lampung. Adapun waktu menyaksikan gerhana matahari sebagian di Lampung, mulai 14.41 WIB, puncak gerhana 15.07 WIB, dan gerhana berakhir 15.33 WIB.(rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *