Masyarakat Hindu di Sumatera Utara Melaksanakan Adhi Tiruvila Dengan Mematuhi Protokoler Kesehatan

Sejumlah Umat Hindu Suku Tamil merayakan perayaan Adhi Tiruvila Maha Puja, yang dilaksanakan dengan ritual Pengangkatan Karagam Dan tusuk lidah yang dilakukan oleh orang yang sedang melakukan nazar.

Perayaan tersebut diselenggarakan di Sri Karumari Amman Kuil di Jalan Palapa, Desa Klambir 5, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.
Ritual tahunan tersebut digelar sebagai ungkapan syukur terhadap Dewa Dewi yang bertujuan untuk menolak bala dan menebus dosa atau memohon ampun

Perayaan Adhi Maha Puja sendiri dilaksanakan untuk memuja dewi Shri Karumari Amman yang jatuh pada 17 Juli hingga 16 Agustus dan ini menjadi tahun kesembilan diadakan di kuil tersebut.

Ketua Shri Karumariamman, Matha Riswan,S.Pd.H menuturkan bahwa dalam perayaan tahun ini
“Terkait pandemic Covid-19 ini, kita berupaya menyederhanakan perayaan kita tanpa mengurangi nilai – Nilai agama, adat, dan budaya kita. Kita juga sudah menyampaikan surat secara lisan permohonan pelaksanaan kita kepada pemda setempat Bupati, Polri, dan Lain-lain,” ungkap Riswan.

“Disini juga ada namanya tusuk lidah atau Alu Kute. Ini orang-orang yang bernazar, ketika dia melakukan cucuk lidahnya maka kedepannya dia akan berpikir dan berbuat yang baik. Sebelum Mereka melakukan nazar mereka berpuasa selama 41 hari untuk niatnya supaya kehidupannya lebih baik lagi, jadi dia mengorbankan tubuhnya untuk nazarnya,” jelas Riswan.
Kita juga melaksanakan Protokoler Kesehatan Seperti.
Membuat tempat air cuci tangan dirumah ibadah, mengecek suhu tubuh umat yang hadir menggunakan termogran, mewajibkan umat menggunakan masker dan terpenting mengatur jarak umat dalam beribadah. (rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *