oleh

Parpol Koalisi Kompak Jaga Kemenangan Musa – Dito

Utamanews.id- Usai Golkar, PKB dan PAN, kali ini giliaran DPD Partai Demokrat Provinsi Lampung mengapresiasi hasil pilkada di 8 Kabupaten Kota di Lampung, termasuk Pilkada Lampung Tengah (Lamteng), meski dinamikanya cukup panas.

Hasil pleno KPU Lamteng yang memenangkan Musa Ahmad-Ardito Wijaya (Golkar, PKB, Demokrat dan PAN) dengan 323.064 pemilih atau 50.38 persen. Sementara, paslon Nessy-Imam Suhadi (NasDem, Perindo dan PKS) meraih 29,7 persen, dan paslon 1, Loekman Djoyosoemarto-M. Ilyas (PDIP, Gerindra) meraih 20,1 persen.

Namun, usai pleno, paslon Nessy-Imam mengajukan laporan politik uang terstruktur, sistematis dan massif (TSM) di Bawaslu Provinsi Lampung. Juga mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Hal ini disampaikan langsung oleh Plt. Sekretaris DPD Partai Demokrat Julian Manaf, hal itu sah-sah saja dilakukan. Namun, hal tersebut harus dapat dibuktikan. Ia meminta usai pilkada, para calon dapat menahan diri dan mengikuti proses yang ada dengan baik dan santun.

“Kita minta menahan diri, kan ada forumnya masing-masing. Terutama demokrat mengikuti proses yang ada dengan baik dan santun, kita yakin proses dan hasilnya akan memihak yang benar,” ujarnya, Jumat (18/12).

Julian mengatakan, Partai Demokrat mengucapkan selamat kepada pasangan Musa-Dito unggul di Lamteng.

Juga mengapresiasi pertahana Loekman Djoyosoemarto yang menciptakan situasi damai pasca pemilihan dengan memberikan ucapan selamat kepada pasangan Musa-Dito. Sikap beliau menciptakan situasi damai pasca pemilihan sehingga proses demokrasi dalam ajang pilkda ini benar benar dirasakan oleh masyarakat.

Terkait laporan di Bawaslu, ia percaya Bawaslu Provinsi Lampung bekerja secara profesional dalam menelaah dan memutuskan pengaduan. “Partai Demokrat juga meyakini Bawaslu Lampung tidak dapat diintervensi oleh opini yang dibangun oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang hanya bertujuan merusak demokrasi pilkada dan menimbulkan ketegangan di tengah tengah,” kata dia.(rd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed