oleh

Menjelang Nataru Dinkes Lamsel Siapkan 11 Titik Posko Terpadu

Utamanews.idKementerian Kesehatan RI, melalui Pusat Krisis Kesehatan dengan lintas program yang lain telah melakukan monitoring kesiapan provinsi dan daerah untuk menyambut libur natal dan tahun baru (nataru) guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang sebaik baiknya. Diantara daerah yang mendapat kunjungan tim yakni Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lam-sel) menyiapkan 11 titik posko terpadu untuk memberikan pelayanan masyarakat yang melaksanakan kegiatan libur natal tahun 2020 dan tahun baru 2021. Semua titik posko terpadu tersebut dibentuk atas kerjasama dari berbagai pemangku kepentingan untuk melayani masyarakat. Sehingga masyarakat yang mengisi liburan natal dan tahun baru ( Nataru) mendapat pelayanan kesehatan dan keamanan dari pemerintah setempat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, dr. Diah Anjarini, M.Epid kepada tim monitoring dan evaluasi nataru pusat, di Kalianda, 18 Desember 2020.

Menurut dr. Diah, Kabupaten Lampung Selatan merupakan wilayah pintu gerbang mobilitas penduduk dari pulau jawa ke pulau sumatera atau sebaliknya menggunakan pelabuhan penyeberangan Bakauheni. Wilayah lintas Kabupaten Lampung Selatan itu mulai dari penyeberangan pelabuhan Bakauheni hingga Kota Bandar Lampung. Selain itu juga menjadi pintu masuk dan keluar melalui pintu tol yang akan menuju Sumatera Selatan hingga ujung pulau sumatera yakni Provinsi Aceh Darussalam.

“Untuk memaksimalkan dan keterpaduan pelayanan kepada masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru, pemerintah telah mematangkan persiapan, mulai dari sarana dan prasarana, SDM kesehatan dan pendukungnya, ambulan dan finalisasi proses bisnis layanan nataru”, ujar dr. Diah.

Selain menyiapkan 11 posko di atas, Kabid Yankes menyampailan ada tambahan titik posko di Sebalang, lampung selatan. Yakni tempat rekreasi berupa pantai yang ramai mendapat banyak kunjungan masyarakat, terutama sore hari hingga tengah malam. Mereka datang untuk menikmati matahari terbenam dan tiupan angin laut yang terasa sepoi-sepoi.

“Keramaian pengunjung pantai Sebalang Lampung Selatan ini memang sedang viral, banyak masyarakat membicarakan dan mengunjunginya. Sering orang menyebutnya pantai Jimbaranya Bali”, kata Diah.

Menurut Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Lampung Selatan ini, untuk menyambut nataru tahun ini ditengah kasus covid-19 yang masih tinggi, pihaknya akan lebih memprioritaskan program promotif dan preventif 3 M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Sehingga kami berharap setelah masa libur panjang nataru tahun 2020/2021 ini tidak memunculkan klaster covid baru”, ujar Diah. (rls/rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed