oleh

SK Mendagri Belum Keluar, Dua Aleg PDI Perjuangan Urung di Lantik

Utamanews.id– DPRD Provinsi Lampung akan menggelar pelantikan pergantian antarwaktu (PAW) enam dari delapan anggota DPRD Lampung, Senin besok (4/12). 

PAW dilakukan untuk mengganti sejumlah nama yang mundur untuk mengikuti kontestasi Pilkada 9 Desember 2020.

Mereka adalah Eva Dwiana (PDIP), Tulus Purnomo Wibowo (PDIP), Johan Sulaiman (PKS) yang mencalonkan diri di Pilwakot Bandarlampung, Toni Eka Candra (Golkar) dan Antoni Imam (PKS) di Pilbup Lamsel, Ahmad Mufti Salim (PKS) di Pilwakot Metro, Musa Ahmad (Golkar) di Pilbup Lamteng, dan Azwar Hadi (Golkar) di Pilbup Lamtim.

Sekretaris DPRD Lampung, Tina Malinda mengatakan, dua anggota DPRD yang berasal dari Fraksi PDIP belum dijadwalkan lantaran belum ada SK dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Rencana, kedua kader PDIP itu, Lenistan Nainggolan akan menggantikan Eva Dwiana dari Dapil I Kora Bandarlampung dan Sahdana akan menggantikan Tulus Purnomo Wibowo dari Dapil V Lampung Utara-Waykanan.

“Besok ada pelantikan dari Golkar dan PKS saja, Belum (terima SK Kemendagri) karena memang usulannya agak belakangan Sekretariat menerimanya” ujarnya. 

Menurut UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) No 17 tahun 2014. Pasal 242 ayat 1 berbunyi anggota DPR yang berhenti antar waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 239 ayat 1 dan Pasal 240 ayat 1 digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

Berdasarkan keputusan KPU Provinsi Lampung Nomor: 175/HK.03.1-Kpt/18/Prov/V/2019 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Peserta pemilihan umum anggota DPRD Lampung tahun 2019,  nama-nama yang PAW diantaranya Ali Imron yang menggantikan Azwar Hadi (Dapil Lamtim) 

Kemudian, I Gede Jelantik menggantikan Toni Eka Candra (Dapil Lamsel), Puji Sartono menggantikan Antoni Imam (Dapil Lamsel), Ferdy Perdian Azis menggantikan Musa Ahmad (Dapil Lamteng).

Selanjutnya, Vittorio Dwison menggantikan Ahmad Mufti Salim (Dapil Lampung Tengah), Lenistan Nainggolan menggantikan Eva Dwiana dan Sahdana menggantikan Tulus Purnomo (Dapil Bandarlampung) serta Zunianto menggantikan Johan Sulaiman (Dapil Pringsewu, Metro, Pesawaran).(rd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed