oleh

Parpol Pengusung Eva – Dedi Gugat ke MA dan DKPP

Utamanews.id – Menanggapi putusan Bawaslu Lampung yang memenuhi tuntutan pasangan calon walikota nomor urut 2 Yusuf Kohar – Tulus Purnomo.

Partai pengusung pasangan calon nomor urut 3 Eva – Dedi langsung bereaksi. Salah satunya partai pengusung utama yakni PDI Perjuangan.

Melalui wakil ketua bidang informasi dan komunikasi DPD PDI Perjuangan, Yanuar Irawan mengatakan. Partai pengusung paslon nomor urut 3 akan segera merapatkan barisan untuk mempelajari putusan Bawaslu ini.

“Pertama, PDI Perjuangan menghargai putusan Bawaslu Lampung. Namun, sebagai partai pengusung PDI Perjuangan akan menguapayakan langkah hukum selanjutnya, ini karena menyangkut marwah partai dimana Eva Diwana merupakan kader PDI Perjuangan” ujarnya usai mengikuti rapat pansus di DPRD Lampung.

“Langkah hukum pasti akan diambil hingga ketingkat MA, untuk memperjuangkan hak kader kita sebagai calon pemenang pemilu yang telah di tetapkan oleh KPU Bandar Lampung”. tambahnya

Sementara, kuasa Hukum Eva-Deddy, M. Yunus mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya hukum ke Mahkamah Agung (MA) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Menurutnya, ada diskriminasi dalam melakukan putusan.  Pasalnya, dalam sidang TSM Lampung Tengah, pihak majelis mempertimbangkan keterangan pihak terkait seperti Bawaslu Lamteng sebagai acuan utama. 

Sedangkan, di sidang Bandarlampung keterangan pihak terkait tidak ada satu pun menjadi acuan. 

“Terkait menafsirkan norma dalam UU harus Paslon yang melakukan, dan di Lamteng itu dibenarkan, tetapi di Bandarlampung maknanya diperluas, setiap perlakuan pihak lain dianggap calon melakukan pelanggaran,” ujarnya.(rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed