oleh

Ternyata Waktu Terbaik Untuk Olahraga Adalah Di Jam Ini

Utamanews.idOlahraga merupakan aktivitas yang sangat baik untuk memetabolisme kesehatan tubuh, terutama saat masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

Menurut penelitian, olahraga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu menangkal radikal bebas serta berbagai macam penyakit dan virus.

Namun selama ini, banyak kalangan selalu memperdebatkan waktu yang paling tepat untuk berolahraga.

Ada yang mengatakan bahwa olahraga lebih baik dilakukan pada pagi hari, namun ada juga yang berpendapat jika sore hari merupakan waktu yang paling tepat karena memiliki banyak manfaat.

Tentu kedua pendapat tersebut ada plus dan minus nya. Olahraga pada pagi hari diyakini dapat menciptakan semangat dalam menjalani hari, namun efek sampingnya dapat membuat tubuh kram otot dan cedera, apalagi jika melakukan olahraga yang berat.

Olahraga di sore hari dinilai lebih maksimal, sebab seluruh aktivitas sudah selesai dilaksanakan, sehingga pikiran menjadi lebih fresh dan tubuh sudah mendapat asupan energi yang cukup untuk menjalankan olahraga berat. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa penyerapan oksigen lebih cepat daripada pagi hari.

Namun hal jeleknya adalah olahraga di sore hari dapat membuat suhu tubuh meningkat dan menyebabkan susah tidur.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk olahraga?

Setiap orang harus menilai sendiri kemapuan diri dan kegiatan sehari-hari untuk menentukan waktu olahraga terbaik.

Menurut para ahli, waktu terbaik untuk berolah raga adalah waktu yang membuat kita konsisten melakukannya.

Artinya tidak ada patokan waktu tertentu, namun disarankan tidak mendekati jam tidur, sebab tubuh akan cenderung segar setelah berolah raga sehingga akan membuat sulit mengantuk. (rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed