oleh

Bupati Terpilih Sabu Raijua Asal PDIP Bukan Warga Negara Indonesia?

Utamanews.idBeredar info bahwa Orient P. Riwu Kore yang merupakan Bupati terpilih Kab. Sabu Raijua, NTT bukan warga negara Indonesia. Menyikapi hal ini, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan partainya kecolongan jika hal tersebut terbukti.

“Kalau benar dia warga Amerika, partai jelas kecolongan,” kata Djarot kepada awak media, Rabu, (3/2).

Djarot mengatakan, Orient merupakan kader baru yang mendaftar ketika hendak maju dalam Pilkada 2020. Syarat penerbitan kartu tanda anggota, adalah harus WNI yang dibuktikan dengan e-KTP dan kartu keluarga.

“Kami sedang cermati berkasnya, jika ada pemalsuan dokumen maka harus diproses secara hukum oleh pihak yang berwenang,” imbuhnya.

Djarot juga mengatakan selain pihak partai, pihak penyelenggara pemilu juga harus melakukan evaluasi, jika hal ini benar adanya.

“Karena waktu verifikasi pencalonan harusnya cermat dan teliti sebelum diputuskan sebagai calon pilkada,” ujarnya.

Bawaslu Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, sebelumnya menyatakan bupati terpilih Orient masih berstatus warga Amerika Serikat (AS). Ini dipastikan setelah pihaknya menerima konfirmasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Sementara itu, dari database kependudukan Kementerian Dalam Negeri, Orient masih tercatat sebagai WNI. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh, mengungkapkan bahwa Orient pernah memiliki paspor Amerika tanpa melepaskan status kewarganegaraan Indonesia.

Bupati Sabu Raijua terpilih Orient Riwu Kore juga memiliki paspor Indonesia yang diterbitkan 1 April 2019. Saat ini, status kewarganegaraan Orient sedang dikaji Kementerian Hukum dan HAM untuk menentukan apakah dia masih WNI atau sudah menjadi WNA. (rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed