oleh

Anas Urbaningrum Bebas 2022, Apakah Kembali Ke Demokrat?

Utamanews.idMantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mendapat eksekusi ulang sidangnya setelah Mahkamah Agung mengabulkan PK dan pemotongan 6 tahun penjara.

Eksekusi ulang itu sudah dilakukan pada Rabu (3/2) berdasarkan Putusan PK Mahkamah Agung RI Nomor 246 PK/Pid.Sus/2018 tanggal 30 September 2020.

“Terpidana akan menjalani pidana penjara selama 8 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan,” kata plt juru bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (5/2).

akibay potongan masa hukuman 6 tahun dari MA, maka Anas hanya tinggal menjalani sisa masa hukuman 8 tahun penjara. Atas putusan tersebut maka Anas Urbaningrum akan dibebaskan pada tahun 2022.

“Iya PK mendapat potongan 6 tahun, tapi pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 5 tahun setelah bebas, masih berlaku,” ujar Ali.

Diluar dari hukuman kurungan, Anas Urbaningrum juga harus membayar denda sejumlah Rp 300 juta, dan jika tidak dibayar maka akan dikenakan pidana pengganti berupa kurungan selama 3 bulan.

Tak hanya itu, Anas Urbaningrum juga wajib membayar uang pengganti yang dijatuhkan pengadilan, yakni sejumlah Rp 57.592.330.580 dan USD 5.261.070. Apabila belum membayar uang pengganti tersebut dalam waktu 1 bulan sesudah putusan Pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Bila harta bendanya tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 2 tahun.

“KPK akan segera melakukan penagihan baik denda maupun uang pengganti dari Terpidana tersebut sebagai aset recovery dari Tindak Pidana Korupsi untuk pemasukan bagi kas negara,” ujar Ali.

Apakah setelah kembali Anas Urbaningrum akan kembali berkiprah di Partai Demokrat, atau sesuai dugaan yang dilontarkan saat ini, Anas akan kembali merebut kursi ketua umum di partai bintang mercy biru itu? Kita lihat saja perkembangan politik kedepan. (rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed