oleh

Amir Harmidan Kades Karang Sakti Rintis pembangunan DEWI Kapulaga bersama BUMD pesawaran

Utamanews.idSetelah mensterilisasi tempat musyawarah pelaksanaan program Kapulaga Organik Makmurkan Petani Indonesia (KOMPI) Mitra Perusahaan Perseroan Daerah (PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD Kabupaten Pesawaran.
Di siang terik pada Ba’da Dzuhur Kepala Desa(KADES) Karang sakti Amir Harmidan di kecamatan muara sungkai, kabupaten Lampung Utara membuka kegiatan yang di hadiri 33 warganya dari berbagai element masyarakat.

Dalam sambutannya Amir harmidan mengatakan program KOMPI – Mitra BUMD pesawaran di hadirkan ke desa karang sakti sebagai upaya untuk meningkatkan penghasilan warganya dengan menanam kapulaga dengan pupuk organik di pekarangan halaman rumah masing-masing maupun di lahan pertanian milik warganya sebagai tanaman tumpang sari. Sehingga Tanaman kapulaga dapat jadi ATM para warganya yang aplikasikan program KOMPI. Karna hasil panen buah kapulaga basah saat panen raya seperti saat ini di beli oleh BUMD Pesawaran Rp.20.000/kilo gramnya dan saat tidak panen raya buah kapulaga basah di beli dengan harga Rp.30.000 s/d 40.000 perkilo gramnya. Bahkan tanaman kapulaga di usia 2 tahun sejak mula di tanam, selain bisa panen buah, juga bisa memanen bibit kapulaga per 50 hari sekali dan pemanenan pertiga bulan sekali tetap bisa di laksanakan.

Sebagai pelaksana Program KOMPI Pada tiap dusun akan di bentuk Kelompok Usaha Bersama(KUBE) sampai jadi kekuatan modal gotong royong dalam bentuk KOPERASI dan bersinergi dengan BUMDES. Dan penanaman perdana kapulaga hybrida pada hari Sabtu,6/2/2021 ini sebagai rintisan untuk membangun DEsa WIsata(DEWI) Kapulaga. Untuk pusat DEWI Kapulaga akan di siapkan lahan seluas kurang lebih 2Ha yang akan ada fasilitas Cafe and resto, Homestay, taman bunga, kolam ikan, kolam renang, pasar desa, taman bermain anak, joging track,dll.

Selanjutnya pak KADES Karang sakti memberikan ruang dan waktu kepada DIRUT BUMD Pesawaran untuk mengaplikasikan program KOMPI dan tanya jawab secara langsung dengan warganya.

DIRUT BUMD Pesawaran memperkenalkan diri dan beliau mengenalkan Deputy General manager eksport import dan enterpreneur sosial kantor pusat BUMD pesawaran H.Zainudin dan Satation Manager Operasional dan produksi BUMD Pesawaran kantor cabang kota bandar Lampung Dita Anggraini yang turut serta bersamanya.

Setelah memaparkan program KOMPI dan tanya jawab. DIRUT BUMD Pesawaran bersama warga desa karang sakti mempraktekan penanaman kapulaga. Setelah rangkaian acara terlaksana keseluruhan maka musyawarah di tutup oleh pak KADES karang sakti. Yang di lanjutkan dengan makan bersama dan ramah tamah. (rls/rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed