Disdikbud Lampung Utara Rencanakan KBM Tatap Muka dimulai Awal Maret

Utamanews.idDinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara merencanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di seluruh sekolah ‎akan dimulai pada awal Maret 2021 mendatang. Rencana itu masih menunggu persetujuan Bupati Lampung Utara sebelum benar – benar diterapkan.

“Rencananya, mulai awal Maret mendatang, seluruh sekolah mulai dari TK/PAUD hingga SMP akan kembali melakukan PTM seperti biasanya,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Matsoleh, Selasa (23/2/2021).

Kebijakan yang mereka ambil itu didasarkan sejumlah pertimbangan‎, di antaranya penurunan jumlah kasus positif Covid-19 dan keinginan para wali murid. Seperti yang diketahui, tidak ditemukan kasus positif dalam beberapa hari terakhir di Lampung Utara.

Kendati demikian, ia mengatakan, kebijakan itu masih membutuhkan persetujuan Bupati Budi Utomo. Setelah persetujuan didapat, mereka akan segera memberitahukan rencana itu pada seluruh kepala sekolah.

“Kami juga sudah berkoordinasi‎ dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi supaya SMA juga dapat melakukan PTM berbarengan dengan Lampung Utara,” jelasnya.

Matsoleh kembali mengatakan, Kepala Satuan Pendidikan atau kepala sekolah dapat kembali menutup sementara proses PTM jika memang dalam perjalanannya kembali ditemukan kasus positif di sekitar sekolah. Kebijakan itu sepenuhnya berada di tangan kepala sekolah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri.

“Jika memang dirasa perlu ditutup kembali, kepala sekolah memiliki kewenangan penuh untuk itu,” terang dia.

Sejak Maret 2020 hingga kini, seluruh sekolah di Indonesia termasuk Lampung Utara melakukan pembelajaran jarak jauh atau sistem daring. ‎Perubahan sistem itu diakibatkan pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Rencana PTM ini merupakan kabar yang paling dinanti oleh segenap wali murid termasuk siswa karena cukup bosan dengan sistem daring. (rls/rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *