oleh

Membangkang, Pemilik Starone Kafe Terancam di Pidana!

Utamanews.id – Membangkang, itu kata yang tepat diberikan kepada pemilik kafe Starone yang berada di Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Teng.

Pasalnya, cafe tersebut masih tetap melakukan aktifitas kegiatan seperti biasanya. Sementara per 3 Maret 2021 kemarin. Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Bupati Musa Ahmad telah mengeluarkan pemberlakukan kegiatan masyarakat. Hal ini ditujukan guna menekan penyebaran covid-19 di wilayah itu.

Pantauan dilokasi Kamis 4 Maret 2021, sekira pukul 23:30 WIB, cafe tersebut masih tetap melakukan aktifitas seperti biasanya. Masih nampak beberapa mobil masuk kedalam ruang parkir halaman cafee, dan terlihat juga pemandu lagu (PL) tengah duduk diruang tunggu.

Untuk diketahui Pemkab setempat mengambil langkah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Pertama jam operasional pusat perbelanjaan pasar swalayan dan toko modern sampai pukul 21:00. Kedua, khusus pasar tradisional jam operasional dibatasi sampai pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya, jam operasional rumah makan dan warung lesehan sampai pukul 21:00 WIB dengan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 50 orang dari kapasitas yang tersedia. Pelayanan di atas jam tersebut menggunakan kotak atau bungkus.

Kemudian jam operasional kafe, karaoke, tempat biliar, pub, panti pijat dan sejenisnya sampai pukul 21:00 wib. Masyarakat juga dilarang mengadakan kegiatan seperti lomba, pameran, pertunjukan, aksi damai dan kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan massa.

Terkait menyangkut pelaksanaan ibadah agar menjalankan protokol kesehatan secara ketat khususnya menyangkut jamaah. Untuk kegiatan hajatan atau pesta dapat dilaksanakan dengan ketentuan. Kemudian lagi, seluruh kegiatan dari poin pertama sampai ke tujuh dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19 secara ketat.

Pelanggaran terhadap kegiatan diatas dikenakan sanksi pidana kurungan denda sesuai dengan Perda Lamteng No.10/20 tentang adaptasi kebiasaan baru pengendalian dan pencegahan Covid-19 dan peraturan Bupati Lanteng No.36/2020 tentang adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19 di Lamteng.

Untuk diketahui, Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Musa Ahmad meminta seluruh aparatur dari tingkat Kecamatan dan Kampung fokus dalam penanggulangan wabah Covid-19.

Bupati mengatakan Lamteng saat ini masuk kedalam zona kuning penyebaran covid-19. Ie menargetkan dua bukan kedepan Lamteng harus masuk zona hijau.

“Kita ketahui saat ini covid-19 belum diatasi dengan baik. Kalau saat ini kita masuk dalam zona kuning, enam puluh hari kerja kedepan kita harus masuk dalam kategori zona hijau,”kata Musa Ahmad

Untuk mewujudkan itu lanjutnya, diperlukan sinergisitas semua pihak. Ia mengatakan Satgas Covid yang ada di tingkat Kampung harus lebih di maksimalkan.

Terlebih dalam waktu dekat ini akan masuk bulan suci Rhamadan, dan dipastikan bakal ramai masyarakat yang melakukan perjalan mudik dari luar daerah.”Nah, nanti tugas seluruh jajaran di Kecamatan mensupervisi satgas-satgas tersebut,”kata Musa Ahmad (rls/rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed