oleh

Bertemu Dirjen Bimas Hindu RI, KMHDI Siap Elaborasikan Program Kerja

JAKARTA, Utamanews.id – Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia melakukan audiensi bersama Dirjen Bimas Hindu RI, Tri Handoko Seto di kantor Ditjen Bimas Hindu RI, Jakarta Pusat pada Jumat,(24/09).

“Adapun tujuan kami melaksanakan audensi kali ini adalah untuk menjalin koordinasi sekaligus memperkenalkan pengurus PP KMHDI 2021-2023. Selain itu kami juga membawa gagasan untuk bersinergi dan mengkolaborasikan program PP KMHDI dengan program Ditjen Bimas Hindu RI, salah satunya adalah penguatan Literasi Agama dan Moderasi Beragama,” papar Ketua Presidium I Putu Yoga Saputra.

Dalam kesempatan kali ini, Ketua Presidium PP KMHDI juga menambahkan bahwa Penguatan Literasi Agama dan Moderasi Beragama menjadi hal yang sangat penting jika melihat berbagai kondisi dan situasi keumatan saat ini. Melihat hal tersebut menjadi aspek yang sangat penting, maka sudah selayaknya Penguatan Literasi dan Moderasi Beragama dilakukan secara massif dan konsisten. Bukan hanya menyentuh permukaan saja namun juga dapat menyentuh hingga ke akar rumput umat Hindu di Indonesia.

“Literasi Agama dan Moderasi beragama menjadi aspek yang sangat penting untuk dikembangkan saat ini. Hal tersebut tak bisa dilepaskan dari kondisi dan situasi umat Hindu kita. Penguatan ilmu keagamaan merupakan bagian dari langkah kita dalam meningkatkan kualitas SDM muda Hindu. Oleh karenanya, moderasi beragama menjadi sangat penting mengingat gerakan ini memiliki tujuan untuk menanamkan nilai-nilai pluralisme pada generasi-generasi Hindu kita,” tambah Ketua Presidium I Putu Yoga Saputra.

Kehadiran KMHDI disambut baik oleh Dirjen Bimas Hindu RI, Tri Handoko Seto yang mengatakan bahwasanya KMHDI harus bisa menjadi ujung tombak peningkatan SDM Hindu, dengan mendidik kader untuk siap terjun ke masyarakat guna menguatkan Literasi dan moderasi beragama.

“Kita harus melakukan kerjasama antar lembaga, dan KMHDI sebagai generasi muda intelektual harus bisa menjadi ujung tombak dalam hal ini. Anak muda harus bisa saling merangkul untuk menguatkan Literasi Agama dan Moderasi Beragama,” tutup Tri Handoko Seto.

Dirjen Bimas Hindu RI Tri Handoko Seto juga menambahkan, KMHDI memiliki peran yang sangat strategis dalam hal gerakan Literasi Agama dan Juga Moderasi Beragama. KMHDI memiliki strtuktur hirarki yang memungkinkan untuk dapat menyentuh elemen masyarakat Hindu hingga akar rumput. Selain hal tersebut, KMHDI yang notabennya diisi oleh kalangan mahasiswa Hindu, tentunya memiliki semangat dan komitmen tinggi dalam hal pengabdian, menjadikan KMHDI adalah organisasi yang tepat dalam hal membumikan Literasi Agama dan Moderasi Beragama.

“KMHDI memiliki peran yang sangat strategis, dengan segala sumber daya yang dimiliki, KMHDI berpotensi untuk menyentuh masyarakat Hindu yang ada di akar rumput. Sehingga proses membumikan Literasi Agama dan Moderasi Beragama akan lebih mudah dilakukan,” tambah Tri Handoko Seto.

Pada penghujung pertemuan, Yoga Saputra menyampaikan kesiapan KMHDI untuk mengawal dan menyukseskan program Ditjen Bimas Hindu RI salah satunya adalah penguatan Literasi Agama dan Moderasi Beragama.

“Kami Kader KMHDI, juga sebagai kontrol sosial tentunya siap untuk mengawal dan juga menyukseskan program-program yang menyasar umat Hindu terkhusus dalam aspek peningkatan kualitas SDM Hindu. Karena peningkatan kualitas SDM merupakan spirit kami di KMHDI, oleh karena itu kami siap berperan sebagai mitra taktis maupun mitra strategis,” tutup I Putu Yoga Saputra. (rls/rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed