oleh

Copot 4 Dirjen Non Islam, PERMUHI Nilai Menteri Agama Diskriminatif

JAKARTA, Utamanews.id – Pewarta Muda Hindu Indonesia (PERMUHI) nilai pencopotan empat Dirjen Bimas di lingkungan Kementerian Agama RI diskriminatif terhadap umat non Muslim.

“Pencopotan yang mendadak dan tanpa ada penjelasan, ini terkesan sangat diskriminatif kepada kami yang bukan mayoritas” ungkap I Gede Hendra Juliana, Ketua Umum PERMUHI pada Selasa (22/12/2021)

Menurutnya, meskipun pergantian Dirjen Bimas di lingkungan Kementerian Agama RI adalah kewenangan Menteri Agama, ada aspek prosedural dan keterbukaan kepada publik yang harus dipenuhi.

“Bagaimanapun, Dirjen Bimas Hindu adalah representasi kami umat Hindu di Kementerian Agama yang selama 1,4 tahun ini sudah kami rasakan kinerja dari Tri Handoko Seto, sehingga kami mempertanyakan motif apa dibalik pencopotan secara serentak ini” sambungnya.

Tidak hanya itu, Hendra Juliana juga meminta Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi kinerja Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas .

“Ada lima Dirjen Bimas perwakilan agama hanya satu yang tidak dicopot, jadi pertanyaan kami yang tidak sejalan ini Menag nya atau Dirjennya. Sehingga kami berharap Presiden mengevaluasi kinerja Menteri Agama” terangnya.

“Kami yakin Presiden sangat menghargai keberagaman dan menolak diskriminasi terhadap agama, sehingga apa yang dilakukan Gus Yaqut sebagai Menteri Agama telah mencederai semangat Presiden dalam menjaga Moderasi Beragama di Indonesia” tutupnya. (rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.