oleh

Getol Dukung UMKM Nyoman Parta Sosialisasikan Peran Penting CSR di Masyarakat

BALI, Utamanews.id – Getol memberikan dukungan kepada UMKM, Anggota DPR RI Komisi VI, I Nyoman Parta, SH kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peran Penting CSR di Masyarakat “Dalam Menumbuhkembangkan UMKM” di Wantilan Pura Dalem Desa Guwang, Sukawati, Rabu (29/12). Acara ini diikuti oleh kurang lebih 100 orang yang mayoritas adalah generasi milenial yang akan memulai usaha.

Dalam kesempatan tersebut hadir 3 narasumber yaitu I Ketut Karben Wardana, yang merupakan pengusaha garmen sekaligus Bendesa Adat Desa Guwang yang sangat inovatif, kemudian pembicara kedua hadir Ketut Sae Tanju seorang pengusaha kuliner yang juga seorang konsultan bisnis dan Wayan Gede Andy Wirawan selaku Pengelola Rumah BUMN.

Dalam kesempatan tersebut Nyoman Parta mengatakan sengaja mengundang tokoh-tokoh yang sudah mumpuni dibidang usaha, jadi bisa memberikan inspiasi kepada kaum muda yang sudah mulai merintis usahanya. “Peserta yang hadir mayoritas anak muda, generasi milenial, ada yang sudah punya usaha ada yang baru merintis, sehingga penting untuk mereka mendengar cerita dan perjuangan para pengusaha yang hadir,” ungkapnya.

Selain itu, hadirnya Rumah BUMN juga harapannya bisa menjadi betul-betul rumah berbagi ilmu untuk anak-anak muda yang ingin menekuni bisnisnya. “Hari ini anak muda harus memiliki mental pengusaha, dan peka terhadap peluang usaha dilingkungannya,”tegasnya.
Di Desa Guwang misalnya, terkenal dengan aneka kuliner, seperti lawar plek, sate dan masih banyak lagi. Ini adalah potensi yang harus dikembangkan dan bisa menjadi peluang usaha. Tinggal bagaimana analisa segmen pasar, strategi marketing dan adaptasi dengan digitalisasi.


“Kita bisa jualan 24 jam kalau via online, dan inilah keuntungan generasi muda yang melek teknologi, untuk itu kedepan bagi yang serius, saya akan fasilitasi pendampingan usaha, jadi ayo kita mulai bersama,” ungkapnya.

Setelah mulai usaha maka akan belajar lagi seperti apa produk yang harus memiliki NIE (Nomor Ijin Edar), produk apa yang harus SNI dan sebagainya.

Sementara itu salah satu narasumber I Ketut Karben Wardana, yang merupakan pengusaha garmen sekaligus Bendesa Adat Desa Guwang mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dan harapannya bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurship para peserta. Menjadi pengusaha Garmen lebih dari 30 tahun tidak membuatnya pelit ilmu, maka kapanpun dibutuhkan pihaknya siap dan terbuka untuk menjadi mentor anak-anak muda untuk memulai usaha, tidak hanya di Desa Guwang namun dari daerah mana saja. “Intinya harus konsisten dan fokus, dalami detail segala aspek usaha, semangat dan semoga berhasil,” ungkapnya.

Sementara Angga salah satu peserta, mengatakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat. “Kami kami ini memang sangat membutuhkan motivasi sekaligus cerita yang menginspirasi dari para pengusaha yang sudah sukses melalui beragam prosesnya,”ungkapnya. “Apalagi Pak Nyoman Parta akan memfasilitasi sampai bantuan permodalan untuk yang serius memulai usaha, ini tentu sangat positif,”ungkapnya. (rls/rd).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed