Lamtim Larang Sapi Betina Produktif Dijadikan Hewan Qurban

LAMPUNG TIMUR, Utamanews.id – Menjelang Idul Adha 1443 hijriah, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur meningkatkan pengawasan terhadap ternak yang akan dijadikan hewan qurban.

Kepala Dinas Peternakan Lampung Timur, Almaturidi menjelaskan, pengawasan terhadap hewan qurban dilaksanakan di 24 kecamatan.

“Pengawan rutin dilaksanakan menjelang Idul Adha hingga saat pemotongan hewan qurban,” jelas Alma Turidi, Rabu (25/5/2022).

Dilanjutkan, persyaratan hewan yang layak kurban di antaranya giginya sudah tanggal satu atau usianya minimal 1 tahun, selain juga harus aman, sehat dan utuh (ASUH). Selain itu, pengawasan juga dilakukan untuk mencegah adanga calon hewan qurban yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Hingga saat ini belum ada temuan ternak Lamtim yang terpapar PMK,” lanjut Alma Turidi.

Selain harus ASUH imbuhnya, calon hewan qurban yang akan dibawa ke luar daerah harus melalui karantina selama 14 hari. Begitu juga ternak dari luar dari daerah juga harus melalui tahap karantina sebelum masuk Lamtim.

Itu untuk mengantisipasi PMK dan penyakit lain. “Ternak yang berjenis kelamin betina produktif juga tidak diperbolehkan dijadikan hewan qurban,”pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *