Sosperda Rembug Desa, I Made Bagiasa Ingatkan Pentingnya Pencegahan Konflik di Masyarakat

Lampung Tengah, Utamanews.id – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung Drs. I Made Bagiasa laksanakan sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung nomor 1 tahun 2016, tentang Rembug Desa dan Kelurahan dalam pencegahan konflik di Provinsi Lampung. Di Kampung Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Lampung Tengah, Rabu (15/6).

Dalam penyampaiannya I Made Bagiasa mengatakan, Rembug desa merupakan tradisi turun-temurun sebagai pola dalam pengambilan keputusan di tingkat desa secara musyawarah kekeluargaan yang melibatkan stakeholder desa, pemerintah desa.

Lebih lanjut dia mengatakan, Rembug desa yang melibatkan pemerintah desa dan masyarakat harus terus dipupuk agar tercipta kehidupan yang sakai sambayan untuk menjaga keberlangsungan Provinsi Lampung secara terarah dan terpadu dalam menjaga situasi untuk menghindari konflik di masyarakat.

“Oleh karena itu, kami anggota DPRD Provinsi Lampung mengingatkan pentingnya pencegahan konflik di masyarakat melalui sosialisasi peraturan daerah nomor 1 tahun 2016 tentang Rembug desa dan kelurahan dalam pencegahan konflik di Provinsi Lampung. Bila terjadi perselisihan di masyarakat sebaiknya diselesaikan dengan musyawarah dan kekeluargaan sehingga terhindar dari konflik dan bisa hidup dengan guyub di masyarakat” tambah Made Bagiasa.

Sementara itu, kepala kampung Endang Rejo dalam sambutannya mengatakan kondisi kehidupan bermasyarakat di kampung Endang Rejo dan sekitarnya dalam suasana aman.

Sedangkan narasumber Dr. Wayan Mustika yang juga duta forum kerukunan umat beragama (FKUB) Provinsi Lampung menyampaikan bahwa toleransi, tepo seliro menjadi landasan bertindak sehari-hari. Sehingga perbedaan yang sudah lahir dari ciptaan Tuhan akan menjadi modal persatuan sebagai anak bangsa Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kampung, Babinkamtibmas, Babinsa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda pemudi kampung Endang Rejo dan Endang Mulyo. (rls/rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *