Anggota DPR RI Komisi VI I Nyoman Parta Harap UMKM Mampu Menambah Skil dalam Pemasaran Produk di E-commerce

Karangasem, Utamanwes.id – Anggota DPR RI Komisi VI, I Nyoman Parta SH saat menghadiri acara Pemasyarakatan E-commerce yang dilaksanakan di Kabupaten Karangasem, Senin (18/7).

Karangasem, Anggota DPR RI Komisi VI kembali menggelar acara workshop yang menyasar para pelaku UMKM. Kali ini acara digelar khusus di Kabupaten Karangasem, Senin (18/7) untuk memberikan ruang dan kesempatan belajar terkait branding produk dan pemasarannya melalui e-commerce.

Bertajuk Pemasyarakatan E-commerce, Nyoman Parta berharap para pelaku UMKM khususnya di Karangasem mampu menambah skill dalam bidang branding produk dan pemasaran di e-commerce. Menurutnya, para pelaku usaha harus haus akan ilmu baru dalam dunia branding, terlebih ketika ingin produknya memiliki nilai lebih dan naik kelas.

“Jangan bermental cukup, harus terus belajar dan adaptasi dengan perkembangan zaman, seperti sekarang sudah hadir banyak marketplace untuk memudahkan berjualan, maka harus dimanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.


Selain itu, bagaimana branding yang tepat untuk produk juga menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan nilai sebuah produk. Bagaimana memberikan nama, kemasan yang cocok dengan segala pertimbangan jenis produk yang dijual, hingga memikirkan strategi jualan di e-commerce.

“Kini, produk bisa dikenal dan dikirim kemana saja, jadi peluang ini harus kita bidik, selaras dengan peningkatan standar kualitas produk yang dimiliki,” tambahnya.

Acara ini dilaksankaan atas kolaborasi Nyoman Parta dengan Kementerian Kementerian Koperasi dan UKM RI sebagai bentuk kepedulian dan harapan agar UMKM di Bali khususnya di Karangasem bisa berdaya saing. Menggandeng Bank BRI Krangasem, Nyoma Parta juga berharap agar permodalan untuk pelaku usaha tidak dipersulit bahkan, jika ada ada program pendampingan akan sangat luuar biasa.


Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro Pada Deputi Usaha Mikro Hariyanto. S.Sos, M.M yang hadir dalam kesempatan tersebut juga memberikan dukungan penuh, dan berharap seluruh peserta mengikuti acara dengan serius karena akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas dan pemasaran produknya.

“Harus ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan seperti sekarang ini, harapanya semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas para pelaku UKM di Karangasem,” tambahnya.

Secara khusus, Bupati Karangasem juga hadir dalam kesempatan tersebut sekaligus berharap acara seperti ini bisa terus dilakukan di Kabupaten Karangasem, mengingat para pelaku UMKM sangat membutuhkan ilmu-ilmu baru agar produk dan pemasarannya juga semakin berkembang. Pihaknya juga mengapresiasi Nyoman Parta yang telah membawa program ini ke Kabupaten Karangasem.

“Saya kenal beliau sangat lama, dan memang pribadinya selalu fokus memperjuangkan kepentingan rakyat dan dan jika memperjuangkan suatu hal pasti sampai tuntas,” ungkapnya.

Sementara salah satu peserta Putu Fokus yang memiliki usaha dupa harum, mengaku sangat senang bisa dilibatkan dalam acara ini.

“Usaha saya sudah berjalan setahun, awalnya hanya modal lima ratus ribu saja, dan masih saya kerjakan sendiri, bersyukur sampai saat ini sudah banyak reseller dan produk sudah mulai dikenal,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengatakan, dengan adanya acara ini, ia lebih sadar untuk branding produk dan semangat memperluas pasar. (rls/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *