Ciptakan Ruang Inovasi dan Kreativitas Bagi Pemuda DPD KNPI Klungkung Gelar Klungkung Youth Fest

BALI, Utamanews.id – Klungkung 25/7/22, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia atau yang dikenal DPD KNPI Kabupaten Klungkung melakukan inovasi dan kreativitas dalam memberikan ruang bagi para pemuda dan pemudi di Kabupaten Klungkung melalui Klungkung Youth Fest yang ke-4. Klungkung Youth Fest ini dilaksanakan selama satu bulan penuh. Kegiatan ini menyasar para pemuda-pemudi dan masyarakat pada umumnya.

Anak Agung Gde Utama Indra Prayoga, S.H selaku ketua KNPI Klungkung saat diwawancara menyatakan kegiatan ini berlangsung selama satu bulan penuh. Gung Indra begitu sapaannya menegaskan bahwa Klungkung Youth Fest ke- 4 ini bertemakan “Siapkan Dirimu Menuju Era Society 5.0” telah dilaksanakan sejak 25 Juni lalu, diawali dari kegiatan Lomba Baleganjur “Bale Ganjur Ngarap” yang melibatkan Sekaa Truna Truni di Kabupaten Klungkung, selanjutnya ditanggal 6- 20 Juli diadakan Klungkung Film Festival ke- 4, ditanggal berikutnya 20-21 Juli pelaksanaan Turnament Esport Piala Pelajar Klungkung yang mempertandingkan kategori Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG, kemudian ditanggal 23 Juli dilaksanakan Talkshow pemuda yang mengambil tema Young menjaga dan mengawasi. Puncaknya ditanggal 24 Juli paginya dilaksanakan Talkshow Perempuan dengan mengambil tema perempuan bisa apa?, disertai dengan Pekan Raya yang diisi oleh UMKM serta pemuda Klungkung, dan di malam hari dilaksanakan hiburan yang dimeriahkan oleh Bagus Wirata dan Barong Boyz selaku Guest Star.

Lebih mendalam Gung Indra menjelaskan Youth Fest Klungkung 2022 ini juga disupport oleh pemerintah Kabupaten Klungkung dan DPRD Klungkung ini dicerminkan dengan adanya Pameran pembangunan dari Pemerintah Daerah Klungkung, dan antusiasime sangat tinggi dari masyarakat, sehingga selama pelaksanaan youth fest keamanan, kenyamanan terlaksana di kabupaten klungkung, dan Gung Indra menyatakan ini gratis utk semua kalangan tidak dipungut biaya dengan harapan dapat membangun simakrama (hubungan baik) kepada seluruh masyarakat Klungkung. Sehingga kedepan dapat memperkenalkan ide-ide kreatif anak muda yang tidak kalah menarik untuk dikembangkan pada era digitalisasi dalam mendukung Klungkung menuju Smart City.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Jajaran saat menghadiri Puncak HUT DPD KNPI ke-49 yang dirangkaikan pada acara Klungkung Youth Fest 4 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya. Ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan hadiah oleh Bupati Suwirta dan didampingi Ketua DPRD Klungkung kepada KNPI Klungkung berupa Peraturan Daerah Kabupaten Klungkung Nomor 5 tahun 2021.

“Dengan diterbitkannya Perda ini semoga KNPI dapat berperan baik secara pribadi maupaun secara kolektif terhadap pembangunan di Kabupaten Klungkung, termasuk memperluas jejaring organisasi yang ada. Selamat ulang tahun yang ke 49 untuk DPD KNPI, semoga tetap dapat berinovasi untuk membuat KNPI ini lebih dicintai dan merangkul lebih banyak generasi”ucap Bupati Suwirta.

Lebih mendalam Suwirta berpesan agar ke depannya keberadaan KNPI dapat mengakar hingga ke desa-desa. Ia juga menyampaikan bahwa pemuda-pemuda di desa sangat rindu tentang organisasi yang dapat menyambung sampai tingkat kabupaten, terdapat banyak potensi pemuda-pemuda yang berada di lingkup STT yang dapat diajak berkolaborasi sehingga organisasi kepemudaan seperti KNPI ini dapat lebih kuat.

Setelah melakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangkaian acara Klungkung Youth Fest 4 ini.Bupati Suwirta didampingi Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom mengunjungi beberapa stand kuliner dan UMKM yang berada di Klungkung Youth Fest 4.

Turut Hadir dalam acara tersebut, Forkompida Kabupaten Klungkung, Ketua DPD KNPI Provinsi Bali Nyoman Gede Antaguna, Pengurus DPD KNPI Kota/Kabupaten di Bali, serta undangan terkait lainnya.

Diakhir Kegiatan Klungkung Youth Fest, Gusti Ayu Atyantha Danawati selaku ketua panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat klungkung, utamanya para pemuda dan pemerintah daerah Klungkung telah dapat berkolaborasi dan bersinergi bersama dalam membangun klungkung yang lebih baik menuju era 5.0. Dari Pemuda untuk Klungkung dan untuk Pulau Dewata” tutupnya. (rls/rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *