Wakil Ketua DPRD Metro Lampung Basuki Janji Sampaikan Aspirasi Demonstrasi ke DPR RI

Metro, Utamanews.id – Anggota DPRD Kota Metro, Lampung menemui peserta demonstrasi tolak kenaikan harga BBM di halaman Kantor DPRD Metro.

Menurut Basuki, Wakil I Ketua DPRD Metro Lampung mengatakan, pihaknya menerima dengan baik tuntutan dari demonstrasi tersebut.

“Kami selaku pihak dari DPRD menerima adik-adik mahasiswa yang melakukan demo hari ini,” ujar Basuki, Wakil I Ketua DPRD Metro Lampung saat terima peserta demonstrasi tolak kenaikan harga BBM.

Demonstrasi di Kantor DPRD Metro Lampung, mahasiswa IAIN yang tergabung dalam PMII itu dijaga ketat oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Metro dan Kepolisian Resor (Polres) Metro.

Basuki menjelaskan, aspirasi dari para mahasiswa yang sudah dibacakan dan diikrarkan bersama akan disampaikan secepatnya kepada DPR RI.

“Aspirasi tersebut sudah kami cap dan kami tanda tangani, secepatnya akan kami kirimkan kepada DPR RI,” jelasnya.

Basuki mengatakan karena sebagai DPRD Metro sebagai perwakilan rakyat di daerah, sehingga harus disampaikan kepada DPR RI sebagai perwakilan rakyat di pusat.

“Jadi kami sampaikan kepada DPR RI, karena kebijakan kenaikan BBM ini melalui DPR RI dan bukan melalui DPRD,” tuturnya.

Dia menbeberkan, pihaknya menerima dengan terbuka aksi demo yang digelar oleh masyarakat maupun mahasiswa.

“Kami selaku DPRD Metro menerima dengan terbuka apabila kedepannya ada aksi demo lanjutan dari mahasiswa maupun DPRD,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasatpol-PP Metro, Imron mengatakan, ke depannya peserta demo akan diarahkan untuk tidak berdemo di halaman Kantor DPRD Kota Metro lagi.

“Sesuai petunjuk dari Polda Lampung, ke depannya akan kami lakukan agar unjuk rasa tidak di halaman Kantor DPRD lagi,” paparnya.

Dia menjelaskan, nantinya unjuk rasa tersebut akan dilakukan di luar halaman Kantor DPRD.

“Jadi ke depannya akan diarahkan di luar halaman kantor saja, tidak masuk ke dalam halaman kantor,” ujar Imron.

Imron mengatakan, dalam urusan pengamanan pihak Satpol-PP akan bekerja sama dengan Polres Metro.

“Urusan pengamanan kami dari pihak Satpol-PP akan bekerja sama dengan Polres Metro saat terjadi aksi unjuk rasa, agar unjuk rasa yang dilakukan lebih tertib,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Reza Syaripudin, Koordinator Lapangan demo mahasiswa PMII tersebut mengatakan, pihaknya akan melakukan aksi lanjutan ke depannya.

“Apabila tuntutan demo kami hari ini tidak diindahkan dan tidak sampai kepada DPR RI, maka kami akan melakukan aksi lanjutan,” pungkasnya.

Tuntutan mahasiswa dalam demo tolak kenaikan harga BBM yakni

  1. Menolak kenaikan harga bahan bakar minyak
  2. Mendesak pemerintah pusat mencabut peraturan kenaikan minyak
  3. Mendesak DPR RI agar segera menyusun regulasi tentang distribusi bahan bakar minyak supaya tepat sasaran.
  4. Mendesak pemerintah untuk mencegah terjadinya mafia minyak.

Dalam demo itu para mahasiswa mulanya sampaikan aspirasi di Tugu Pena lalu melakukan long march di DPRD Metro dan sampaikan aspirasi juga untuk menolak kenaikan harga BBM. (rls/rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *