Arahan Menag, Dirjen Bimas Hindu Follow-Up SOP Pemanfaatan Candi Prambanan Ke Kemendikbudristek

Jakarta, Utamanews.id – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kemenag RI, I Nengah Duija melakukan follow-up terkait Standard Operating Procedure (SOP) Pemanfaatan Candi Prambanan sebagai pusat rumah ibadau umat Hindu di Indonesia dan dunia pada Selasa (4/10/2022).

Dirjen Duija menyampaikan dalam waktu dekat umat Hindu akan melaksanakan upcara agama di pelataran Candi Prambanan.

“Harapan kami SOP ini segera rampung, karena umat Hindu akan melaksanakan upacara Abiseka Candi Prambanan pada November 2022 mendatang” ungkapnya.

Dirinya juga memaparkan program pemanfaatan Candi Prambanan akan membawa dampak positif tidak hanya dari sisi nilai sosio-religi saja.

“Program ini akan menjadi peluang bagi masyarakat setempat dalam mengembangkan ekonomi kreatif berbasis kearifan sekaligus ajang promosi kultur nusantara kepada dunia” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menyampaikan bahwa SOP Pemanfaatan Candi Prambanan sudah rampung.

“Progress SOP Pemanfaatan Candi Prambanan sudah rampung, saat ini sedang diharmonisasi dan segera akan saya tanda tangani agar bisa diaplikasikan” ungkapnya. (rls/rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *