Mentan Apresiasi Program Kartu Petani Berjaya

Utamanews.id – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dalam melakukan terobosan dan meningkatkan kualitas pertanian.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan langkah terobosan yang diterapkan oleh Gubernur Lampung, yakni program Kartu Petani Berjaya sangat efektif dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Pak Gubernur ini teman saya, saudara saya, adik saya, yang berhasil meningkatkan bertumbuhan dalam pendapatan negara dan kehidupan masyarakat. Hanya dari sektor pertanian kita tumbuh menjadi 16,42 persen. Walaupun dalam arti di sektor teknologi digital kita tumbuh, namun secara nyata adalah pertanian yang mendapat peningkatan ekonomi,” kata Mentan, Selasa, 6 Oktober 2020.

Dia menambahkan peningkatan ekonomi yang didapat dari sektor pertanian sangatlah besar.  “Dari pertanian yang menyumbang luar biasa, ekspor kita tidak turun dari Januari sampai Agustus sumbangan sektor pertanian untuk ekspor 258 triliun. Per Juli dan Agustus ini 30 triliun,” tambahnya.

Dia menyampaikan dalam kondisi yang sulit saja seluruh asuransi dunia dan perekonomian dunia juga melemah.

“Kalau kita bandingkan dengan tetangga kita, Singapura tidak pernah minus namun sekarang ini minus 22 persen, Malaysia minus 17 persen, Filipina minus 13 persen, bahkan Jepang 13 persen sedangkan kita minus 5 persen,” ujar dia.

Menurutnya, langkah ini sangat bagus untuk mendorong perkembangan di sektor pertanian dan juga menjadi jawaban bagi para petani. “Penyangga utama dari semua kondisi yang ada yaitu pertanian yang makin baik. Disaat krisis seperti ini kita meluncurkan kartu tani berjaya adalah jawaban jawaban Pak Gubernur. ini jawaban tegas dari yang selama ini kami dorong di sektor pertanian harus semakin maju, pertanian harus semakin mandiri, dan pertanian harus semakin modern lagi,” ujar dia.

Dia menyarankan bagi pihak perbankan jangan meragukan lagi hasil dari pertanian. Harapannya perbankan dapat menggulirkan dana (kredit) yang cukup bagi para petani.

“Saran saya kepada teman-teman perbankan jangan pernah ragu menggulirkan kredit kepada para petani. Saya pernah punya pengalaman, sepanjang manajemennya benar pasti hasil yang didapat akan memuaskan. Ditambah lagi melalui perencanaan kartu tani berjaya tadi akan menjadi fokus Pak Gubernur Lampung,” ujar dia.(rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *