Ditjen Bimas Hindu Anggarkan Rp 35,3 Miliyar untuk Beasiswa Pendidikan Tinggi

JAKARTA, UTamanews.id – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Hindu Kementerian Agama RI mengalokasikan Rp 35,3 Miliyar untuk program beasiswa bagi mahasiswa Hindu dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia pada tahun 2021.
 
Jumlah anggaran tersebut dialokasikan untuk 4310 mahasiswa Hindu dari berbagai daerah yang masing-masing tersebar di 15 Perguruan Tinggi Umum (PTU) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) di 9 provinsi di Indonesia.
 
“Program beasiswa ini kita tujukan untuk mewadahi potensi-potensi generasi muda Hindu dari berbagai pelosok di Indonesia agar bisa turut membawa kemajuan bagi umat dan bangsa” ungkap Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto.
 
Dari tahun 2020 ke 2021, adanya peningkatan anggaran sebesar Rp 14,8 miliyar rupiah. Pada tahun 2020 Ditjen Bimas Hindu menganggarkan Rp 20,4 miliyar untuk 3089 mahasiswa di 13 perguruan tinggi.
 
“Penambahan anggaran sebesar 14,8 miliar ini sebagai bentuk keseriusan Ditjen Bimas Hindu dalam upaya meningkatkan kualitas SDM bangsa, terlebih di tengah situasi pandemi banyak orang tua yang sulit membiayai anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan” sambungnya
 
Terdapat 6 jenis beasiswa yang bisa diperoleh oleh mahasiswa Hindu di tahun 2021 diantaranya; Bantuan Beasiswa Prestasi Akademik Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Swasta, Bantuan Beasiswa Bidikmisi Lanjutan Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Swasta.
 
Bantuan Beasiswa Strata Dua (S-2) Bagi Mahasiswa Lulusan Program Strata Satu (S-1) Dengan Kategori Cumlaude Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu, Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Mahasiswa Miskin, Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik.
 
“Klasifikasi jenis beasiswa ini sengaja kita lakukan agar program ini lebih tepat sasaran sesuai dengan jenjang, kemampuan, dan latar belakang mahasiswa. Sehingga program ini juga turut menghadirkan keberadilan” sambungnya lagi.
 
Dengan keseriusannya ini, Tri Handoko Seto juga berharap setiap perguruan tinggi Hindu baik negeri maupun swasta bisa terus berupaya mengoptimalkan program bantuan beasiswa ini agar semakin banyak generasi Hindu yang terfasilitasi untuk mendapatkan pendidikan.
 
“Semakin banyak yang menempuh pendidikan tinggi, maka semakin cepat ia bisa berkontribusi untuk bangsa” tutupnya. (rls/rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *